Header Ads

  • Breaking News

    Wajah Tanpa Sekerat Daging

    Wajah Tanpa Sekerat Daging



    Oleh: Tugiarti
    Anggota Kelas Menulis Islampos

    Gema Indonesia Raya - TANPA disadari, dalam kehidupan sehari-hari kita sering melakukan suatu perbuatan yang bisa berdampak buruk terhadap diri sendiri. Perbuatan tersebut terlihat sepele, dan mungkin dianggap lumrah bagi kebanyakan orang. Suka meminta-minta kepada manusia.

    Sebaiknya kita berhati-hati dengan perbuatan tersebut. Meminta sesuatu yang dianggap kecil ataupun besar–baik diberi ataupun tidak–akan berdampak pada kehidupan akhirat kelak. Terlebih lagi meminta-minta untuk menumpuk harta kekayaan.

    Orang yang suka meminta-minta di dunia, kelak di hari kiamat ia akan mencakar-cakar wajahnya sendiri. Setiap cakaran mewakili pada apa yang pernah dimintanya, hingga dia bertemu Allah dalam keadaan tidak ada daging pada wajahnya.

    Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah seseorang terus meminta-minta hingga kelak pada hari kiamat ia menjumpai Allah sementara di wajahnya tidak ada sekerat daging pun.” (HR. Muslim)

    Akan tetapi, ada tiga golongan yang ‘diperbolehkan’ untuk meminta-minta oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, sebagaimana disiratkan dalam hadits riwayat Muslim, Abu Dawud, Ahmad, an-Nasa-i, dan selainnya:

    Pertama, orang yang menanggung hutang (untuk mendamaikan dua orang yang saling bersengketa atau seumpamanya). Maka orang itu boleh meminta-minta, sehingga hutangnya lunas. Bila hutangnya telah lunas, maka tidak boleh lagi ia meminta-meminta.

    Kedua, orang yang terkena bencana, sehingga harta bendanya musnah. Orang itu boleh meminta-minta sampai dia memperoleh sumber kehidupan yang layak baginya.

    Ketiga, orang yang ditimpa kemiskinan, (disaksikan atau diketahui oleh tiga orang yang dipercayai bahwa dia memang miskin). Orang itu boleh meminta-minta, sampai dia memperoleh sumber penghidupan yang layak.

    Adalah lebih baik bagi seseorang yang bekerja di bawah terik panas matahari hingga bercucuran keringatnya dari pada harus meminta-minta kepada orang. Jika hendak meminta, mintalah kepada Dzat yang Maha Kaya, Maha Pemberi, Maha Gagah, Maha Kuasa, Pemilik alam semesta yaitu Allahu Robbil ‘alamin. []

    Sumber : islampos.com


    No comments

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    http://reactips.hol.es/pernak-pernik/1-pilihan-ava-media-sosial-untuk-pendukung/